Minggu, 24 Maret 2024

Pencak Silat

 

Pencak Silat
 
Pengertian

   Pencak silat merupakan olahraga bela diri yang terdiri dari gerakan jasmani bertenaga dan dilandasi dengan rohani yang berbudi luhur. Seiring perkembangannya, terbentuk definisi baru untuk olahraga ini. Menurut Green, pencak digunakan untuk mengunggulkan unsur seni dan keindahan gerakan dan silat merupakan inti ajaran bela diri dalam sebuah pertarungan.


Sejarah Pencak Silat

   Dari sisi sejarah, olahraga pencak silat hampir mirip dengan olahraga renang. Ia ada lebih dulu sebelum dikonsep menjadi sebuah olahraga. Mengapa demikian? Karena pencak silat dan renang merupakan 1 aktivitas yang diperlakukan untuk bertahan hidup dan menghadapi tantangan alam. Keduanya ada karena mengikuti insting manusia. Adapun pencak silat yang saat ini kita kenal merupakan pengembangan dari bela diri alami dari nenek moyang kita.


Organisasi yang Menaungi Pencak Silat

   Tersebarnya pendekar di banyak daerah membuat beberapa di antara mereka berkumpul dan bermusyawarah dan pada 18 Mei 1948, para pendekar tersebut sepakat untuk mendirikan sebuah lembaga yang bernama Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSSI). Kemudian organisasi tersebut berganti nama menjadi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Dengan demikian, IPSI merupakan organisasi pencak silat tertua di dunia.


Teknik Dasar Pencak Silat

   1. Teknik Kuda-kuda
   2. Teknik Pasang
   3. Teknik Pola Langkah
   4. Teknik Delapan Penjuru Mata Angin
   5. Teknik Pukulan
   6. Teknik Tendangan
   7. Teknik Tangkisan
   8. Teknik Kuncian
   9. Teknik Guntingan
  10. Teknik Berbaring










0 komentar:

Posting Komentar

Poster Film

Membuat desain poster film di Canva cukup mudah! Berikut langkah-langkahnya: 1.Buka Canva: Kunjungi situs web Canva dan buat akun jika belum...